Jejaring Sosial Made In Indonesia

Sabtu, 19 Februari 2011




Situs buatan Muhammad Yahya Harlan ini sepintas
mirip dengan facebook, situs jejaring
sosial yang tengah digandrungi
masyarakat. Hal ini wajar, pasalnya
sang pembuatnya mengaku
terinspirasi dari situs buatan Mark Zuckerberg ini.

Awalnya Yahya menambahkan fitur
khazanah dan Al Quran dalam
salingsapa untuk teman-temannya
saja. Namun ternyata dua fitur ini
justru banyak digandrungi oleh
penggunanya.

Tak hanya dua fitur Islami saja yang
dibenamkan dalam situs ini. Fitur
radio juga disisipkan. Fitur radio ini
bisa diperdengarkan selama 24 jam.
Sedangkan fitur-fitur yang lainnya
yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya, seperti wall, foto,
video, teman, dan lain-lain. Kini Salingsapa.com sudah bisa
diakses di 47 negara, di antaranya
Amerika, Norwegia, Belanda,
Singapura, dan Malaysia. Jumlah
pengaksesnya pun sudah mencapai
1,8 juta. Padahal situs ini baru diluncurkan 2 minggu yang lalu.

mw coba?? langsung aja ke http://www.salingsapa.com

semoga bermanfaat
READ MORE - Jejaring Sosial Made In Indonesia

Sejarah Hari Valentine

Senin, 14 Februari 2011




Asal Muasal Hari Valentine :

Perayaan hari Valentine termasuk salah satu hari raya bangsa Romawi paganis (penyembah berhala), di mana penyembahan berhala adalah agama mereka semenjak lebih dari 17 abad silam. Perayaan valentin tersebut merupakan ungkapan dalam agama paganis Romawi kecintaan terhadap sesembahan mereka.

Perayaan Valentine's Day memiliki akar sejarah berupa beberapa kisah yang turun-temurun pada bangsa Romawi dan kaum Nasrani pewaris mereka. Kisah yang paling masyhur tentang asal-muasalnya adalah bahwa bangsa Romawi dahulu meyakini bahwa Romulus (pendiri kota Roma) disusui oleh seekor serigala betina, sehingga serigala itu memberinya kekuatan fisik dan kecerdasan pikiran. Bangsa Romawi memperingati peristiwa ini pada pertengahan bulan Februari setiap tahun dengan peringatan yang megah. Di antara ritualnya adalah menyembelih seekor anjing dan kambing betina, lalu dilumurkan darahnya kepada dua pemuda yang kuat fisiknya. Kemudian keduanya mencuci darah itu dengan susu. Setelah itu dimulailah pawai besar dengan kedua pemuda tadi di depan rombongan. Keduanya membawa dua potong kulit yang mereka gunakan untuk melumuri segala sesuatu yang mereka jumpai. Para wanita Romawi sengaja menghadap kepada lumuran itu dengan senang hati, karena meyakini dengan itu mereka akan dikaruniai kesuburan dan melahirkan dengan mudah.

Sejarah hari valentine I :
Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera. Tahu gak dewa Zeus? itu bokap-nye hercules.

Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan berlari-lari di jalanan kota Roma sambil membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai dijalan. Sebagian ahli sejarah mengatakan ini sebagai salah satu sebab cikal bakal hari valentine.


Sejarah Valentine's Day II :
Menurut Ensiklopedi Katolik, nama Valentinus diduga bisa merujuk pada tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda yaitu dibawah ini:
  • pastur di Roma
  • uskup Interamna (modern Terni)
  • martir di provinsi Romawi Afrika.
Hubungan antara ketiga martir ini dengan hari raya kasih sayang (valentine) tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti dari emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada tahun 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine (14 Februari), di mana peti dari emas diarak dalam sebuah prosesi dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu dilakukan sebuah misa yang khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santo yang asal-muasalnya tidak jelas, meragukan dan hanya berbasis pada legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Sejarah hari valentine III :
Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sastrawan Inggris Pertengahan bernama Geoffrey Chaucer. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) bahwa:
For this was sent on Seynt Valentyne's day (Bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus) Whan every foul cometh ther to choose his mate (Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya)

Pada jaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari valentine dan memanggil pasangan Valentine mereka. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi naskah British Library di London. Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai santo Valentinus diciptakan pada jaman ini. Beberapa di antaranya bercerita bahwa:

  • Sore hari sebelum santo Valentinus akan mati sebagai martir (mati syahid), ia telah menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis "Dari Valentinusmu".
  • Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka diam-diam.
Pada kebanyakan versi legenda-legenda ini, 14 Februari dihubungkan dengan keguguran sebagai martir.

Sejarah Valentines Day IV :
Kisah St. Valentine

Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke-III. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci kaisar tersebut. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.

Namun sayangnya keinginan ini tidak didukung. Para pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya. Hal ini membuat Claudius marah, dia segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.

Claudius berfikir bahwa jika pria tidak menikah, mereka akan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Pasangan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat tidak masuk akal. Karenanya St. Valentine menolak untuk melaksanakannya.

St. Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini akhirnya diketahui oleh kaisar yang segera memberinya peringatan, namun ia tidak menggubris dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.

Sampai pada suatu malam, ia tertangkap basah memberkati salah satu pasangan. Pasangan tersebut berhasil melarikan diri, namun malang St. Valentine tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St. Valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana dia ditahan.

Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Sang ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St. Valentine. Tak jarang mereka berbicara lama sekali. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar alias benul eh betul.

Pada hari saat ia dipenggal alias dipancung kepalanya, yakni tanggal 14 Februari gak tahu tahun berapa, St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis putri sipir penjara tadi, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu.

Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

Kesimpulan:

Dari semua asal usul atau sejarah diatas bisa disimpulkan bahwa "hari valentin memiliki latar belakang yang tidak jelas sama-sekali", baik dari ceritanya maupun waktu terjadinya (perhatikan abad terjadinya sejarah diatas walaupun ada nama tokoh yang sama). Gimana menurut Anda?

Artikel di atas yang berjudul "Sejarah Hari Valentine - Mitos Valentine Day - Asal Muasal Hari Valentine" dikutip dari mbah google dan dari berbagai sumber lainnya.

Semoga bermanfaat.
READ MORE - Sejarah Hari Valentine

Kumpulan Virus Buat Hp

Sabtu, 12 Februari 2011




langsung aja ke point...jgn banyak tingkah !!buat kalian yg jengkel sama teman,,mungkin artikel jahat ini bisa membantu !!

kali ini,,ane akan ngeshare VIRUS HP !!


Wooow .... !!

Link donlot :
GABRIEL I

GABRIEL II

DEATH NOTE I

DEATH NOTE II

BLOOD RAIN

DEATH BEAUTY

DEVIL MAIDEN

GRAND EMPERROR

GREEN DEVIL

HELL LOVE

Cara menggunakannya mudah n gampang kuq...tinggal transferin aja salah satu virus yg ada diatas via bluetooth ke hp lawan kalian !!
dan dijamin,,hp lawan kalian jadi mati total alias koit dech (jahat mode on)....
Ingat...jangan coba2 di hp sendiri !!
Membahayakan tau...

selamat mencoba ....
READ MORE - Kumpulan Virus Buat Hp

APLIKASI UNTUK MENJADIKAN CAMERA HANDPHONE MENJADI CAMERA DIGITAL




Untuk mengabadikan sebuah moment,anda dapat mengabadikannya ke dalam bentuk sebuah gambar. Sehingga untuk selamanya moment tersebut akan tetap hidup dalam sebuah memory atau kenangan. Salah satu hal utama dalam fitur handphone yang menjadi media dan paling diinginkan oleh para pengguna handphone adalah camera.

Dengan adanya fitur camera di handphone,kita tidak perlu lagi harus membawa camera ke manapun kita pergi,karena camera pada handphone dapat melakukan apa yang biasa dilakukan oleh camera biasa pada umumnya. Namun dapatkah handphone anda menggantikan kemampuan dari sebuah camera digital?

Berikut ini sebuah trick agar camera handphone tidak kalah dengan camera digital :
Download aplikasinya di sini melalui computer anda. Setelah anda mendownloadnya,ekstrak dengan software winrar atau yang lainnya. Kirimkan file yang telah anda ekstrak tadi ke handphone menggunakan kabel data atau bluetooth. Setelah aplikasi tersebut terinstal di handphone,anda bisa langsung gunakan untuk pengambilan gambar. Hasil jepretan camera handphone yang menggunakan aplikasi ini tidak kalah dengan jepretan camera digital. Aplikasi ini akan menunjukkan tanggal,bulan dan waktu serta lokasi pengambilan gambar tersebut.
Sedikit tambahan,aplikasi ini berextensi sis,jadi hanya handphone yang bersystem operasi symbian saja yang dapat memakainya.


 Selamat mencoba ....
READ MORE - APLIKASI UNTUK MENJADIKAN CAMERA HANDPHONE MENJADI CAMERA DIGITAL

Cara Membuat Screnshoot Dengan Software

Kamis, 10 Februari 2011



Kemarin ada teman blogger yang sempat bertanya di chat box tentang software cara membuat screenshot atau memotret/mengambil gambar dari layar monitor. Waktu itu saya belum menemukan software cara membuat screenshot. Karena selama ini hanya menggunakan tombol Print Screen SysRq dan mem-pastenya di aplikasi lain seperti paint untuk editingnya. Setelah mencari di mbah google, ternyata banyak sekali yang menyediakan software tersebut dari yang gratis sampai yang harus membayar. Dari yang filenya besar sampai yang portable. Dengan software ini anda dapat menyimpan screeshot dalam ektension format jpg, png, dan lainnya. Nah berikut link download software tersebut :


Selamat mencoba guys .... !!!
READ MORE - Cara Membuat Screnshoot Dengan Software

Koleksi Template Blogger




Dalam mengelola blog salah satu yang harus diperhatikan adalah templates blog. Templates blog yang dipakai akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog untuk berlama-lama diblog kita. Sehingga memilih templates blog yang tepat dan sesuai tema blog sangat disarankan. Disamping itu pilihan warna yang nyaman, menu yang tidak rumit, dan lay out yang interaktif akan membuat pengunjung betah dan akan berkunjung ke blog kita lagi. Bagi mereka yang cukup faham tetang otak-atik kode html tentu dengan mudah membuat atau memodifikasi template yang ada. Tetapi bagi teman-teman yang tidak faham tentang kode html seperti saya tentu layanan download templates blog gratis sangat menguntungkan. Sudah banyak artikel yang memuat daftar situs penyedia templates blog gratis. Dipostingan kali ini saya mencoba untuk menulisnya lagi. Siapa tahu ada pengunjung blog ini yang belum tahu dan membutuhkannya bisa langsung mendapatkannya. Berikut beberapa situs penyedia templates blog gratis yang bisa anda pertimbangkan untuk menyempurnakan blog anda :
  1. eblogtemplates.com
  2. finalsense.com
  3. freetemplates.blogspot.com
  4. ourblogtemplates.com
  5. blogtemplate4u.com
  6. x-template.blogspot.com
  7. kolom-tutorial.blogspot.com
  8. o-om.com
  9. elegant-style-template.blogspot.com
  10. isnaini.com
  11. www.bloggertemplateplace.com
  12.  www.zoomtemplate.com/
  13.  template-godown.com/
  14.  http://www.deluxetemplates.net/ 
  15. http://www.mytemplatebox.com


    Selamat mencoba semoga ada yang cocok .... hehehehe
    READ MORE - Koleksi Template Blogger

    Anti Viruz terbaru Smadav 2011 Rev. 8.4 telah dirilis !!!

    Sabtu, 05 Februari 2011

    Penambahan database 100 virus baru
    Virus (atau lebih tepatnya Malware) yang banyak menyebar di Indonesia saat ini kebanyakan adalah virus buatan luar negeri yang sifatnya masih mirip dengan virus lokal. Virus-virus inilah yang menjadi target-target Smadav versi terbaru ini. Virus lokal sendiri saat ini sudah mulai menurun penyebarannya dan sangat jarang ditemukan. Ini kami simpulkan dari sampel-sampel virus yang di-upload oleh Smadaver di www.smadav.net.

    Smadav Virus Scanner Engine (SmadEngine.dll)
    Engine lama Smadav yang telah digunakan sejak 2006 tidak digunakan lagi sejak Smadav 2010 Rev. 8.1 ini. Perombakan ulang Virus Scanner Engine inilah yang membuat rilis Smadav tertunda sebulan lebih. Engine terbaru ini benar-benar ditulis ulang dari nol menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan menyempurnakan engine sebelumnya yang masih ditulis dengan Visual Basic. Sebagian besar teknik pendeteksian virus yang ada di engine baru ini telah dirubah dan disempurnakan menjadi lebih baik. Penggunaan memori di engine baru lebih stabil dan efisien dibandingkan engine lama, begitu pula kecepatan scanning yang juga menjadi lebih cepat.
    Kompatibel di Windows Vista & 7
    Pada Rev. 8 dan rev-rev sebelumnya Smadav memang masih belum kompatibel 100% di Windows Vista dan Windows 7. Tapi di Rev. 8.1 ini Smadav baik scanner maupun protector-nya sudah mendukung dan kompatibel 100% untuk digunakan di Windows Vista dan Windows 7.
    Berikut ini adalah daftar lengkap penyempurnaan Smadav 2010 Rev. 8.1 :
    • Engine scanner baru (SmadEngine.dll) untuk mendeteksi virus lebih cepat dan akurat.
    • External Database (Smadav.loov) untuk memudahkan update database untuk Revisi berikutnya.
    • Plug-in klik kanan di explorer terbaru (SmadExtc.dll) yang lebih baik.
    • Kompatibel di Windows Vista & 7.
    • Pendeteksian beberapa Virus Internasional yang banyak menyebar di Indonesia (Sality & Alman) sudah lebih cepat dan akurat.
    • Penambahan database lebih dari 100 virus baru beserta varian-variannya
    • Perbaikan false alarm pada beberapa file.
    • Penyempurnaan metode blacklist key ilegal Smadav Pro
    • Perubahan struktur tim Smadav untuk tahun 2010
    • Penambahan menu uninstall di Tray Icon untuk memudahkan proses uninstall
    • Dan banyak penyempurnaan lainnya …
    READ MORE - Anti Viruz terbaru Smadav 2011 Rev. 8.4 telah dirilis !!!

    SEJARAH KALENDER JAWA

    Rabu, 02 Februari 2011





    Kalender Jawa dalam sejarahnya selalu terkait dengan huruf Jawa. Kalau Kalender Jawa berdasarkan “Sangkan Dumadining Bawana”, sedangkan Huruf Jawa berdasarkan “ Sangkan Paraning Dumadi”. Pertama kali diciptakan atau diperkenalkan oleh Mpu Hubayun pada tahun 911 SM (Sebelum Masehi). Pada tahun 50 SM (Sebelum Masehi) Prabu Sri Maha Punggung I atau Ki Ajar Padang I mengadakan perubahan pada Huruf dan sastra Jawa.
    Bertepatan tanggal 21 Juni 77 M oleh Prabu Ajisaka diadakan perubahan, dalam budaya Jawa ketika menghitung selalu dimulai dari angka nol (Das), sehingga Kalender Jawa kembali bermulai pada tanggal 1 Badrawarna (Suro) tahun Sri Harsa, Windu Kuntara adalah taggal 1, Bulan 1, Tahun 1, Windu 1 tepat pada hari Radite Kasih (Minggu Kliwon) ditetapkan permulaan perhitungan Kalender jawa, bertepatan tanggal 21 Juni 78 Masehi. Kalender Jawa memakai pedoman peredaran Matahari (Solar).
    Prabu Ajisaka adalah asli orang Jawa bukan dari India, serta memiliki banyak nama atau gelar, yaitu: Prabu Jaka Sangkala, Prabu Widayaka, Prabu Sindula, Prabu Sri Maha Punggung III, Ki Ajar Pandang III. Salah satu petilasannya ada di Mrapen (Api Abadi) daerah Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. Bukti kalau Ajisaka asli Jawa adalah :
    1. Pusaka yang diperebutkan oleh para Pembantunya (Punakawan) adalah Keris, sedangkan sampai detik ini diakui oleh seluruh dunia kalau Keris adalah asli budaya Jawa, kalau seandainya Ajisaka dari India tentunya di India banyak ditemukan pusaka Keris.
    2. Para Pembantu (Punakawan) Ajisaka yang terkenal ada empat (4) orang bukan dua (2) orang dan dari nama-namanya asli bahasa Jawa Kuna atau Kawi. Nama-nama Pembantu (Punakawan) Ajisaka adalah :
    a. Dura : bacanya tetap pakai vokal “A”, karena kalau dibaca “ro” pakai vocal “O” artinya akan berubah jauh dan tidak ada keterkaitan (relevan). Sedangkan dalam berbagai catatan sejarah bahasa dan sastra Jawa mulai banyak menggunakan vokal “O” pada masa sesudah abad 14. Karena kalau “Dura” (ra dibaca dengan vokal “A”) bahasa Jawa Kuna berarti “unsur alam (anasir air) “, tetapi kalau “Dura” (ra dibaca dengan vokal “O”) berarti “bohong”.
    b. Sambadha : kalau dibaca dengan vocal “A” bahasa Jawa Kuna berarti “unsur alam (anasir api)”, tetapi kalau dibaca dengan vokal “O” berarti “mampu”.
    c. Duga : kalau dibaca dengan vokal “A” bahasa Jawa Kuna berarti “unsur alam (anasir tanah)” , tetapi kalau dibaca dengan vokal “O” berarti “pangati-ati” (dugo-kiro) diartikan dalam bahasa Indonesia secara bebas berarti “peringatan & Pengarahan”.
    d. Prayuga : kalau dibaca dengan vokal “A” bahasa Jawa Kuna berarti “unsur alam (anasir angin)” , tetapi kalau dibaca “prayugo” berarti “sebaiknya”.
    3. Semua empat anasir tersebut adalah anasir alam yang ada pada alam semesta atau Jagad Gedhe atau Bhawana Ageng atau Makrokosmos, serta terdapat juga pada tubuh manusia atau Jagad Cilik atau Bhawana Alit atau Mikrokosmos.
    4. Sedang nama Ajisaka juga asli bahasa Jawa Kuna (Aji-Saka) yang berarti seorang Raja yang mengerti dan mempunyai kemampuan spiritual atau Raja-Pinandhita atau Pemimpin Spiritual.
    Waktu jaman Kerajaan Mataram di pimpin oleh Sultan Agung Hanyakra Kusuma, pada waktu itu ada ancaman pengaruh bangsa asing yang sudah menguasai Sunda Kelapa (Batavia). Sehingga terpikir bagaimana membuat rakyatnya rukun dan bersatu yaitu dengan cara meng-Akulturasi-kan tiga ungsur budaya yang ada pada waktu itu (Jawa, Hindhu, Islam), disimboliskan pada bentuk perubahan Kalender Jawa. Karena berbeda pedoman peredaran yaitu Matahari (Solar) dan Bulan (Lunar) sehingga walaupun disatukan (khususnya Kalender Jawa dan Kalender Hijriah) dengan cara dihilangkannya satu masa Kalender Jawa, tetapi walau begitu tetap saja berselisih satu hari. Karena hal ini pula akhirnya muncullah istilah tahun ABOGE (tahun Alip, tgl 1 Suro jatuh hari Rebo Wage) dan tahun ASAPON (tahun Alip, tgl. 1 Suro jatuh hari Seloso Pon).Perubahan ini bertepatan tanggal 1 Muharram 1043 H = 29 Besar 1554 Jawa = 8 Juli 1633 M.
    Sekarang masa Sultan Agung sudah lama berselang, banyak kalangan yang berpendapat kalau kalender Jawa sudah waktunya perlu diadakan perubahan. Sementara itu, mulai masa Sultan Agung sampai sekarang, belum ada yang berani melakukan perubahan atau penyesuaian. Ada yang berpendapat kalau kalender Jawa seharusnya setiap 75 tahun sekali harus diadakan penyesuaian. Ada yang berpendapat, kalau sekarang dekade perhitungan tahun ABOGE sudah berakhir dan sudah seharusnya diganti decade perhitungan tahun ASOPON. Terlepas dari berbagai pendapat tersebut, lebih baik demi kembalinya sebuah Jati Diri bangsa Jawa khususnya, bangsa Indonesia pada umumnya (bangsa yang besar adalah bangsa yang punya JATI DIRI), kita kembali pada Kalender Jawa asli yang diciptakan oleh Mpu Hubayun (911 SM). Dengan pertimbangan :
    1. Kalender Jawa Mpu Hubayun adalah Kalender Jawa asli dan yang pertama atau tertua (911 SM).
    2. Kalender yang penuh dengan nilai-nilai falsafah tinggi, yang menandakan bangsa kita adalah bangsa yang besar. Sehingga kalau bisa kalender Jawa diangkat menjadi Kalender Nasional bangsa Indonesia. Karena tidak semua bangsa di dunia memiliki kalender sendiri.
    3. Kalender yang mengarah pada keselarasan atau keharmonian alam semesta, karena berdasarkan proses awal terjadinya alam semesta (Sangkan Dumadining Bhawana).
    4. Kalender Jawa harus berdiri diatas semua golongan (agama,suku). Karena makna kata JAWA itu sendiri tidak bermakna sukuisme. Sedangkan Kalender Jawa Sultan Agung, selain adanya polemik dengan berbagai pendapat yang berbeda juga terlalu banyak mengadopsi pengaruh Islam. Sehingga orang yang tidak memeluk agama Islam, muncul perasaan tidak merasa ikut memiliki, yang berakibat hilangnya nilai-nilai kebersamaan, gotong-royong, guyub-rukun, yang menjadi cirri-khas bangsa kita. Akibatnya sekarang ini banyak orang yang sudah tidak mengenal lagi atau sudah tidak peduli pada Kalender Jawa dan Budaya Jawa.
    Kalender Jawa: adalah merupakan kalender budaya dari bangsa Jawa yang tidak terkait dengan agama atau aliran kepercayaan apapun, sehingga semua bangsa Jawa di seluruh dunia dan siapapun kita yang tinggal di pulau (tanah) Jawa wajib merayakan Tahun Baru Jawa yang disebut Suroan, untuk tahun depan 1 Suro 1944 (2922) Jawa bertepatan tanggal 8 Desember 2010 M. Semenjak diadakannya alkuturasi Kalender Jawa dengan Kalender Hijriah dan Kalender Caka Hindhu oleh Sultan Agung Hanyokro Kusumo di Kerajaan Mataram pada Tahun 1554 Jawa/ 1043 H/ 1633 M/ 1555 Caka. Menjadikan setiap tahun baru Jawa dan tahun baru Hijriah berhimpitan/ selisih 1 hari. Kemarin sewaktu Kongres Bahasa Jawa IV di Semarang, banyak informasi kalau saudara-saudara kita bangsa Jawa yang di luar pulau (tanah) Jawa ternyata juga merayakan Tahun Baru Suro setiap tahunnya. Baik yang di dalam negeri Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Papua, dll), maupun yang di luar negeri. Di beritakan di Jawa Pos Group, Bupati Timika yang asli orang Papua turut merayakan Tahun Baru Suro, sedangkan di luar negeri seperti Suriname dan New Kaledonia juga turut merayakan tahun baru Suro. Perlu kita ketahui bersama kalau Bahasa Jawa merupakan Bahasa terbesar nomer 11 di Dunia, sedangkan Bahasa Indonesia Bahasa terbesar nomer 66 di Dunia (dalam penelitian UNESCO). Di Malang Raya banyak orang non suku Jawa yang kebetulan bergabung menjadi anggota LP3BJ & ORMAS “Raket Prasaja” juga ikut merayakan Suroan setiap tahun. Tahun ini LP3BJ & ORMAS “Raket Prasaja” rencana mengadakan Pahargyan Manghayu Bagya Warsa Enggal Suro 1943 (2921) Jawa diadakan di Balai Desa Jambuer, Kromengan, Malang pada tanggal 16 Januari 2010 Masehi atau tanggal 29 Suro 1943 (2921) Jawa.
    READ MORE - SEJARAH KALENDER JAWA

    Belajar Chord Guitar

    Selasa, 01 Februari 2011



     Hey sobat buat kalian yang ingin belajar chord gitar atau yang biasa disebut kunci gitar ini maz cryz kasih tau cara mudah belajar chord gitar sangat lengkap dan mudah langsung aja dech kalian kunjungi situs di bawah ini.
    http://www.all-guitar-chords.com/ 
    semoga aja bisa bermanfaat buat kalian.

    Selamat mencoba .... !!!!!

    READ MORE - Belajar Chord Guitar