TUTORIAL MENGGANTI SPALSH SCREEN PADA OPERA MINI 4.2 HANDLER

Senin, 06 Desember 2010

Tutorial ini harus menggunakan PC dengan tools sbb:


  • Winrar
  • HxD Editor 1.3
  • Adobe Photosop/ software image editor lainnya.
  • Opera Mini 4.2 handler
  • http://wapshare.us/details.php?f=14483 (jgn operamini original)
  • Sjboy emulator atau microemulator
Langkah-langkahnya sbb:
  1. Ekstrak Opera Mini 4.2 handler dgn menggunakan winrar pada sebuah folder.
  2. Ambil file v dan pindahkan pada dekstop.
  3. Pilihlah file gambar/ photo yg akan dijadikan splash screen dan harus berformat .png jika gambar/ photo msh berformat .jpg konvert dl ke .png bisa menggunakan adobe photoshop atau software lainnya. Untuk tutorial ini saya buat dgn ukuran 176x208 (s60v2)dan perlu diingat file gambar splash screen ini ukurannya harus di bawah 15kb. Simpan file gambar pada dekstop dan beri nama dgn splash.png
  4. Bukalah software HxD editor 1.3 dan masukan kedua file td (file v dan file splash.png) dgn cara ditarik/ drag n drop dari dekstop dan masukan pada HxD Editor.
  5. Klik pada tab file splash.png lalu tekan ctrl+A dan perhatikan length yg ada di bawah, lenghtnya harus 380A. Jika lbh bsr dari 380A brarti file .png nya trlalu besar dan hrs di perkecil kembali dgn software image editor/ converter. Contoh lebih bsr dari380A=ribuan, misalkan 1703A= puluh ribuan. Nah namun jika file tsbt lengthnya di bawah 380A misalkan 350B atau 250B tambahkanlahdgn menekan angka 0 dari akhir angka value, sampai lengthnya menunjukan angka 380A. Hati2 jg jgn membuat file gmbr yg trlalu kecil karena akan lama nanti menekan angka 0 nya. Misalkan dgn length 1C3. Disinilah memang hal yg paling tersulit. Nah jika sudahmenunjukan length 380A lalu copy dgn cara menekan ctrl+A kemudian ctrl+C.
  6. Klik pada tab file v dan pilih search pada menu bar dan pilih find atau ctrl+F, pada search for masukan kata "png" file tanpakutip lalu tekan enter. Setelah itu tekan F3 satu kali.
  7. Perhatikan pada angka dan nomor yg diblok (50 4E 47) skrg bloklah mulai dari angka 89 (depan angka 50 4E 47) dan tarik kebawah terus sampai length menunjukan nilai 380A.
  8. Setelah length menunjukan angka 380A, lalu tekan ctrl+V dan angka akan berwarna merah, lalu save atau tkn ctrl+S dan keluar dari HxD Editor.
  9. Perhatikan pada dekstop, kini file v bertambah 1 dgn nama v.bak, file v.bak ini adalah file backup sebelum dimodifikasi. Kalonanti ada kesalahan ngedit, masukan lg file v.bak ini. Nah skrg bukalah file Opera Mini 4.2 handler dgn menggunakan winrar, dragn drop file v tersebut pada winrar dan save. Tes lah hasilnya dgn menggunakan java emulator bisa menggunakan sjboy atau kemulator. Oke selamat mencoba dan sem0ga berhasil.
Catatan : gambar splash screen maksimal berukuran 100kb bahkan mungkin bisa lebih. Selain itu bukan hanya file png, file jpg jg bisa dijadikan splash screen

0 komentar:

Posting Komentar